Sejarah Alam, Karakteristik & Perilaku Panda

Sejarah Alam, Karakteristik & Perilaku Panda - Panda raksasa adalah makhluk yang menarik dan indah. Panda memiliki mantel yang mencolok dan temperamen ringan yang terkadang diterjemahkan sebagai malas. Panda adalah spesies yang terancam punah karena perburuan dan hilangnya habitat. Banyak organisasi konservasi berusaha keras untuk menjaga agar panda tidak punah sehingga generasi masa depan dapat menikmati makhluk-makhluk yang agung.

Penampilan dan Ukuran

Panda raksasa itu tingginya 3 hingga 4 kaki ketika berdiri dengan keempat kakinya, dan bisa tumbuh hingga lebih dari 6 kaki. Berat panda antara 150 dan 250 pound. Panda betina sedikit lebih kecil, dan jarang tumbuh lebih dari 220 pound. Bulu pada panda adalah blok warna mencolok hitam dan putih. Kepala sebagian besar berwarna putih, lengan dan bagian depan tubuh berwarna hitam, bagian belakang berwarna putih dan kaki belakang berwarna hitam.

Karakteristik dan Perilaku

Disposisi panda secara mengejutkan ringan untuk beruang. Sementara giginya mirip dengan beruang karnivora, panda hanya makan tumbuhan, seperti rebung. Panda adalah hewan penyendiri, tetapi kadang mereka akan berkomunikasi dan berinteraksi dengan panda dewasa lainnya. Panda betina berovulasi setahun sekali di musim semi selama dua atau tiga hari. Waktu ovulasi yang singkat ini adalah salah satu alasan mengapa spesies ini terancam punah. Bayi panda tinggal bersama ibu mereka selama satu setengah hingga tiga tahun. Panda tidak berhibernasi dan menghabiskan sebagian besar waktunya mencari makanan dan istirahat. Panda hidup sekitar 30 tahun.

Diet Panda

Panda mengonsumsi makanan yang terdiri dari 99 persen bambu di alam liar. Di kebun binatang, para penjaga kebun binatang akan sering memberikan suplemen diet panda, seperti tebu, ubi jalar dan barang-barang lainnya. Panda makan sekitar 40 pon makanan setiap hari, yang bisa memakan waktu hingga 16 jam untuk menemukannya. Panda minum air segar dari sungai dan sungai untuk melengkapi air yang mereka dapatkan dari rebung, yang dapat mengandung hingga 90 persen air.

Di mana Menemukan Panda

Sekitar 1.600 panda hidup di alam liar, menurut Animal Info, dan 300 panda tambahan di kebun binatang. Panda hidup di Cina Barat Daya dan di hutan beriklim Cina. Panda raksasa memiliki wilayah asli yang terbatas. Panda hidup di ketinggian sekitar 8.000 hingga 12.000 kaki. Panda raksasa hidup di hutan dengan dedaunan lebat dan sejumlah besar tanaman bambu alami. Di kebun binatang, habitat alami panda disalin untuk kenyamanan beruang.

Sejarah Alam

Sebanyak 90-98 persen dari diet panda terdiri dari daun, pucuk, dan batang bambu, rumput besar yang tersedia sepanjang tahun di banyak daerah berhutan China. Terlepas dari adaptasi di kaki depan, gigi, dan rahang untuk konsumsi bambu, panda raksasa tetap mempertahankan sistem pencernaan nenek moyang karnivoranya dan karena itu tidak dapat mencerna selulosa, unsur utama bambu. Panda menyelesaikan masalah ini dengan cepat melewati jumlah rumput yang luar biasa melalui saluran pencernaan mereka setiap hari. Sebanyak 16 dari setiap 24 jam dihabiskan untuk memberi makan, dan pembuangan limbah terjadi hingga 50 kali sehari. Sisa-sisa gigi fosil menunjukkan bahwa panda raksasa berkomitmen untuk bambu sebagai sumber makanan utama setidaknya tiga juta tahun yang lalu. Meskipun tidak dapat menangkap mangsa, panda tetap memiliki selera terhadap daging, yang digunakan sebagai umpan untuk menangkap mereka untuk radio collaring dan telah membuat mereka menjadi hama di kamp manusia pada kesempatan tertentu. Spesies ini tidak dapat secara alami bertahan hidup di luar hutan bambu, meskipun di penangkaran mereka telah dipelihara pada sereal, susu, dan buah-buahan dan sayuran kebun. Bambu adalah makanan sehat untuk panda tawanan.

Sifat kesendirian panda raksasa digarisbawahi oleh ketergantungannya pada indra penciumannya (penciuman). Setiap hewan membatasi aktivitasnya pada kisaran sekitar 4 hingga 6 km persegi (1,5 hingga 2,3 mil persegi), tetapi wilayah jelajah ini sering tumpang tindih secara substansial. Di bawah pengaturan ini aroma fungsi dalam mengatur kontak antara individu. Sebuah kelenjar aroma besar yang terletak tepat di bawah ekor dan mengelilingi anus digunakan untuk meninggalkan pesan penciuman untuk panda lainnya. Kelenjar itu bergesekan dengan pohon, batu, dan rumpun rumput, dengan aroma menyampaikan informasi tentang identitas, jenis kelamin, dan kemungkinan status sosial dari individu yang menandai. Analisis tanda secara kimiawi konsisten dengan perbedaan fungsi untuk pria dan wanita.

Laki-laki tampaknya menggunakan aroma untuk mengidentifikasi daerah tempat tinggal mereka, sedangkan perempuan terutama menggunakannya untuk memberi sinyal estrus. Kecuali perawatan ibu pada bayi, satu-satunya kegiatan sosial panda terjadi selama estrus betina, yang terjadi setiap tahun selama musim semi dan berlangsung satu hingga tiga hari. Musim kawin musim semi (Maret-Mei) dan musim gugur (Agustus-September) terlihat pada populasi liar dan tawanan. Jantan tampaknya menemukan betina pertama dengan aroma dan akhirnya oleh vokalisasi. Kumpulan dari satu hingga lima pria per wanita telah dicatat. Pada saat ini laki-laki dapat menjadi sangat agresif karena mereka bersaing untuk mendapatkan kesempatan untuk kawin.

Seperti beruang, panda raksasa mengalami penundaan implantasi sel telur yang dibuahi ke dinding rahim, periode dua hingga tiga bulan setelah kawin. Kadar hormon dalam urin wanita menunjukkan bahwa periode pertumbuhan dan perkembangan embrio / janin hanya berlangsung sekitar dua bulan. Secara keseluruhan, kehamilan rata-rata 135 hari (dengan kisaran 90-184 hari), tetapi, karena fase pertumbuhan yang pendek, istilah janin beratnya rata-rata hanya sekitar 112 gram (4 ons). Dibandingkan dengan ibu, panda raksasa menghasilkan keturunan terkecil dari mamalia plasenta (sekitar 1/800 dari berat ibu).

Selama dua hingga tiga minggu pertama kehidupan, sang ibu menggunakan kaki depannya dan tulang pergelangan tangannya yang seperti ibu jari untuk berpelukan dan menempatkan bayi pada dirinya sendiri dengan cara yang agak mirip manusiawi dan hampir seperti manusia. Hampir setengah dari 133 kelahiran tawanan yang dicatat sebelum tahun 1998 adalah kembar, tetapi ibu panda biasanya tidak dapat merawat lebih dari satu bayi. Alasan untuk ukuran anak yang sangat kecil dan seringnya produksi anak kembar tidak dipahami, tetapi keduanya adalah sifat yang dimiliki bersama beruang.

Panda yang baru lahir itu buta dan hanya ditutupi dengan mantel putih semua tipis. Ini sebenarnya tidak berdaya, hanya mampu menyusu dan bersuara. Itu tergantung pada induknya untuk kehangatan, nutrisi, posisi pada payudara, dan merangsang keluarnya limbah. Pembangunan lambat selama bulan-bulan awal. Mata mulai terbuka sekitar 45 hari, dan langkah goyah pertama dilakukan pada 75-80 hari. Pada sekitar 14 bulan, pada usia di mana gigi susu telah meletus, bayi siap mengkonsumsi bambu, dan pada 18-24 bulan penyapihan dari ibu terjadi. Perpisahan dari ibu harus terjadi sebelum perempuan dapat melakukan produksi kotorannya berikutnya. Panda penangkaran dapat hidup lebih dari 30 tahun di penangkaran, tetapi masa hidup di alam liar diperkirakan sekitar 20 tahun.

Comments